News Uncategorized

Dosen UNY Mewakili Indonesia Menjadi Anggota the ICSEI Board

Rektor Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Prof. Rochmat Wahab, M.Pd., M.A. dan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Pengembangan (Wakil Rektor IV) UNY, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., mewakili Indonesia dalam the 28th ICSEI (International Congress for School Effectiveness and Improvement) Conference di Cincinnati, Ohio, USA pada tanggal 2-6 Januari 2015. Pada rapat ICSEI Board (2 Januari 2015), sebagai salah satu rangkaian kegiatan Konferensi, Prof. Dr. Rochmat Wahab selaku penanggung jawab the 27th ICSEI Conference di Yogyakarta, Indonesia, Januari 2014, berkesempatan menyerahkan laporan penyelenggaraan kepada Presiden ICSEI. Selanjutnya, pada AGM (Annual General Meeting) tanggal 5 Januari, Prof. Suwarsih Madya, Ph.D., yang menjadi Ketua Panitia Penyelenggara the 27th ICSEI Conference, dan juga menjadi Direktur USINTEC (United Stated–Indonesia Teacher Education Consortium) sisi Indonesia sebagai pasangan dari Dr. Adrian Rodgers sebagai Direktur sisi AS, dikukuhkan menjadi anggota ICSEI Board mewakili Indonesia setelah melalui proses seleksi online. Sebagai informasi, USINTEC adalah Konsorsium Pendidikan Guru Indonesia-AS yang beranggotakan 11 (sebelas) universitas kependidikan atau lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK) eks IKIP di Indonesia dan tiga universitas AS, yaitu Ohio State University, Indiana University,dan Illinois University di AS.

Dalam kesempatan mengikuti Konferensi ICSEI ke-28 dengan peserta lebih dari 330 dari 43 negara tersebut, utusan UNY juga berhasil melakukan lobi untuk pelaksanaan kegiatan kerjasama dengan pakar dari UK dan UMN. Prof. David Reynolds, Ph.D. dari UK telah sepakat untuk memberikan kuliah umum dalam manajemen pendidikan di PPs-UNY pada bulan Februasi 2015. Prof. Karen Seashore dari UMN juga berjanji akan mencarikan pakar evaluasi kualitatif dalam bidang pendidikan di UMN untuk menjadi dosen tamu di UNY dalam tahun 2015. Singkatnya, keikutsertaan Rektor dan Wakil Rektor IV UNY di konferensi tersebut di atas dimanfaatkan untuk melebarkan jejaring kerjasama.

Kerjasama UNY dengan beberapa universitas di Amerika Serikat, yang telah dibangun sebelum IKIP Yogyakarta menjadi UNY pada tahun 1999, dikembangkan lebih lanjut pada tahun 2010 untuk mendukung upaya menacapai visi untuk menjadi universitas kependidikan yang diakui dalam kancah internasional. Kerjasama UNY dengan University of North Texas dipayungi dengan MoU dalam wilayah bidang: exchanges of scholars, teaching staff, students, academic materials, scientific publication; in-country work experience for students; joint Masters’ degree programs; joint research activities, workshops and seminars, yang sebagian telah terlaksana lewat penyelenggaraan sandwich program. Kerjasama dengan Northern Illinois University difokuskan pada pertukaran akademik—dosen, mahasiswa, publikasi.

Upaya melebarkan sayap kerjasama UNY dengan perguruan tinggi AS dilakukan pada tahun 2014 melalui kunjungan oleh Rektor UNY, Wakil Rektor IV UNY, dan Ketua Program Studi PEP (Penelitian dan Evaluasi Pendidikan) PPS UNY (Prof. Djemari Mardapi, Ph.D.) ke enam universitas berikut: University of California at Los Angeles atau UCLA (27 Mei, hanya Wakil Rektor IV), University of Nebraska at Lincoln atau UNL (2 Juni), University of Iowa atau UoI (3-4 Juni), University of Minnesota atau UMN (5-6 Juni), Michigan State University atau MSU (8 Juni), dan Ohio State University atau OSU (9-10 Juni). (Untuk kunjungan ke dua universitas terakhir tanpa Rektor). Dari keenam universitas tersebut, UNL menandatangani MoU saat kunjungan (lihat Gambar di atas) dengan menyepakati wilayah kerjasama berikut: teaching, research, and student exchanges, faculty exchange, technology transfer, publication, curriculum development, joint projects and training. Dalam waktu dekat beberapa kegiatan akan dilaksanakan dalam fashion design, science technology engineering mathematics (STEM) teaching, kunjungan dosen UNL ke ke UNY dan pengiriman dosen UNY untuk menempuh S3 di UNL. Sementara itu, UoI menyusul menyelesaikan pendatanganan MoU in absentia dan menggunakan jasa pos dengan menyepakati wilayah kerjasama berikut: (1) joint educational, training, and/or research activities; (2) Exchange of invitations to scholars for participation in conferences, symposia, and seminars; (3) Exchange of information in fields of interests to both parties; (5) Exchange of faculty, research personnel, and undergraduate students for study and research; dan (6) Practical training in pre-identified or otherwise field sites. Kerjasama UNY-UoI ini akan diperkuat oleh alumni UoI asal UNY, termasuk Prof. Rochmat Wahab (Rektor), Prof. Djemari Mardapi (Kaprodi PEP PPs UNY), dan Dr. Sugito, M.A. (Wakil Dekan I FIP UNY). Keempat universitas lainnya sedang dalam proses negosiasi jarak jauh lewat komunikasi email untuk menyiapkan naskah MoU. Meski belum ada MoU, telah disepakati untuk melakukan kegiatan-kegiatan berikut: short course on Indonesian affairs (mahasiswa UCLA ke UNY), workshop on educational measurement and evaluation (oleh pakar UoI untuk dosen/mahasiwa UNY), workshop on qualitative educational evaluation (oleh pakar UMN untuk dosen/mahasiwa UNY), comparative study visit di UNY pada Juni 2015 oleh mahasiswa doktoral MSU, workshop on e-learning development di UNY pada Mei 2015 (Dr. David Stein dari OSU), dan pelatihan bahasa Inggris untuk dosen di UNY pada Juli-Agusuts 2015 (instruktur dari OSU). Semua kegiatan ini menjadi modal untuk implementasi MoU sehingga dapat dihindari kecenderungan sleeping MoU.