News Uncategorized

Sesama Bangsa Pasifik, Indonesia-American Samoa Perdalam Kemitraan

Amerika Serikat, – Indonesia memperdalam kemitraan dengan American Samoa yang merupakan salah satu wilayah teritori Amerika Serikat. Sebagai sesama bangsa maritim sekaligus agraris di wilayah Pasifik, kerja sama lebih erat di antara keduanya akan saling menguntungkan kedua pihak.

“Sebagai dua bangsa maritim dan agraris di wilayah Pasifik, kemitraan Indonesia dan American Samoa berpotensi memberikan kesejahteraan bagi rakyat kedua bangsa,” kata Dubes RI untuk Amerika Serikat, Budi Bowoleksono, dalam pertemuan dengan Gubernur American Samoa, Lolo Lelatu Matalasi Moliga, Selasa (14/4/2015).

Dubes yang akrab dipanggil Sonny itu berkunjung ke American Samoa guna memenuhi undangan Gubernur Lolo dalam acara Flag Day American Samoa yang akan dirayakan pada tanggal 17 April 2015. Pada pertemuan tersebut, mereka membahas berbagai hal dalam rangka pendalaman hubungan Indonesia dan American Samoa yang selama 3 tahun terakhir telah meningkat pesat.

“Fondasi infrastruktur bilateral antara Indonesia dan American Samoa sudah terbangun cukup baik,” tuturnya.

Kerangka kerja sama Indonesia dan American Samoa tidak dapat dilepaskan dari Kemitraan Komprehensif Indonesia-AS yang diluncurkan pada tahun 2010. MoU tersebut menjadi acuan untuk memonitor perkembangan hubungan Indonesia-American Samoa, mengatasi berbagai hambatan yang ditemui, dan mengidentifikasi berbagai peluang hubungan baru.

Salah satu implementasinya adalah Kesepakatan Sister City antara American Samoa dan Sulawesi Utara yang disepakati tahun 2013. Dubes Sonnny mengatakan, untuk memastikan bahwa hubungan Indonesia-American Samoa berkelanjutan, tiga pilar memiliki peran penting, yaitu pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat.

“Tiga pilar tersebut tidak dapat berdiri sendiri dan harus saling menguatkan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Sonny menggarisbawahi komitmen Pemerintah RI untuk memberikan bantuan pengembangan kapasitas kepada American Samoa. Salah satunya adalah dengan mengikutsertakan pejabat kepolisian American Samoa dalam pelatihan di Jakarta Center for Law Enforcement Cooperation (JCLEC) di Semarang tahun 2015.

Bantuan teknis dalam bidang pertanian dan pariwisata juga akan diberikan kepada American Samoa untuk mendorong potensi pertanian dan pariwisata di American Samoa.

“Sebagaimana di Indonesia yang memiliki tanah yang subur, potensi pertanian khususnya tanaman coklat di American Samoa dapat digarap lebih lanjut melalui tukar-menukar pengalaman dengan Indonesia,” ucapnya.

Akhiri hari anda dengan menyimak beragam informasi penting dan menarik sepanjang hari ini, di “Reportase Malam” pukul 01.30 WIB, hanya di Trans TV.

Source: detiknews