News Uncategorized

Anggota Kongres AS: Saya Fans Berat Indonesia, Apa yang Bisa Saya Bantu?

Matt Salmon adalah anggota Kongres Amerika Serikat yang beragama Islam. Dia mengaku kagum dengan karakter keislaman Indonesia, dan menyatakan siap membantu menyuarakan Islam moderat Indonesia di kalangan masyarakat AS.

“Saya fans berat Indonesia. Apa yang bisa saya bantu? Jika ada yang bisa saya bantu  jangan sungkan-sungkan bilang ke saya,” kata Matt Salmon dalam pertemuan dengan Dubes RI Budi Bowoleksono bersama imam Shamsi Ali dan pengasuh Diniyyah Putri Padang Panjang, Fuaziah Fauzan, di Washington DC, AS, Kamis (29/4/2016).

Maret lalu, Matt Salmon berkunjung ke Indonesia untuk bertemu dengan kalangan pesantren dan tokoh agama. Setelah dari sana, dia mengaku memiliki kesan yang amat baik dengan Indonesia. Menurutnya, suara Indonesia di dunia internasional amat penting untuk mengkampanyekan Islam moderat.

“Suara Indonesia amat penting. Indonesia adalah negara berpenduduk muslim terbesar,” katanya.

Hal itu diamini oleh Duta Besar RI untuk AS, Budi Bowoleksono. Dia mengatakan bahwa sudah saatnya bagi Indonesia untuk berteriak lebih lantang mengkampanyekan Islam moderat.

“Indonesia punya modal dan kredibilitas untuk melakukan itu, dan saya akan terus-terusan mempromosikannya,” tegasnya.

Terkait meningkatnya sentimen anti-muslim yang menjadi isu hangat dalam politik AS, Salmon mengatakan bahwa sejatinya mayoritas anggota Kongres tidak sependapat dengan sentimen tersebut.

“Amandemen pertama Konstitusi AS mengharuskan penghomatan terhadap semua agama. Mayoritas anggota Kongres menyambut baik kaum muslim di AS,” ujarnya.

Pertemuan Fuaziah Fauzan dan Shamsi Ali itu difasilitasi oleh KBRI Washington DC dalam rangka mempromosikan Islam moderat yang menjadi ciri khas Indonesia di kalangan masyarakat AS. Hal itu diharapkan dapat membantu meluruskan anggapan miring masyarakat AS tentang Islam yang selama ini diidentikkan dengan kekerasan.

Dubes RI untuk AS, Budi Bowoleksono, pengasuh Diniyyah Putri Padang Panjang, Fuaziah Fauzah, dan anggota Kongres AS (Foto: Shohib Masykur/detikcom)

Selain dengan Matt Salmon, mereka juga bertemu dengan anggota Kongres lain, yaitu Andre Carson dan Keith Ellison. Mereka adalah anggota Kongres yang beragama Islam, dan mereka semua amat tertarik dengan Islam di Indonesia.

Andre Carson mengapresiasi Islam di Indonesia yang menjunjung tinggi toleransi dan moderasi. Dia pun berterima kasih karena Indonesia telah menjadi contoh bagi negara lain.

“Terima kasih telah menjadi contoh Islam moderat,” demikian ucapan singkat namun penuh makna dari Andre Carson kepada Dubes RI Budi Bowoleksono.

Dalam kesempatan itu Dubes RI juga mengundang Andre Carson untuk berkunjung ke Indonesia guna menyaksikan secara langsung bagaimana Islam di sana. Undangan itu disambut baik oleh Carson.

“Tentu, mari kita laksanakan,” ujarnya semangat.

Source: Detik News