COVID-19

5 Mei 2020: Update Perkembangan Situasi di AS dan Himbauan/Saran Terkait Pencegahan Penyebaran Wabah COVID-19 di AS

1. Beberapa negara bagian di AS secara resmi telah mulai membuka kegiatan ekonomi secara terbatas dengan beberapa pengaturan khusus.

2. Di saat yang sama, modelling perkembangan COVID-19 yang menjadi salah satu referensi pembuatan kebijakan Pemerintah AS menyebutkan bahwa proyeksi kematian akan mencapai 3,000 kasus/hari (hampir 2 kali angka saat ini), atau diperkirakan mencapai 134,000 kematian di bulan Agustus 2020 (prediksi sebelumnya 74,000 kematian).
– Perkiraan angka kematian yang meningkat juga telah disampaikan oleh Presiden AS dalam pernyataan kepada media nasional.

3. Pertambahan angka prediksi modelling salah satunya disebutkan akibat perubahan tingkat mobilitas warga karena pembukaan ekonomi di beberapa negara bagian.

4. Kepada seluruh WNI di Amerika Serikat, dihimbau benar-benar memperhitungkan secara cermat keputusan untuk melakukan berbagai kegiatan di luar rumah.
– Pertimbangan kesehatan, keselamatan, dan keamanan pribadi masing-masing agar menjadi proritas dalam situasi yang masih sangat dinamis seperti saat ini.

5. Guidelines, work-from-home, termasuk social distancing serta penggunaan masker di area publik agar semaksimal mungkin dapat terus diterapkan.

 

Satgas COVID-19
KBRI Washington, DC