COVID-19 News

KBRI WASHINGTON DC GANDENG PROFESIONAL INDONESIA DI AS PROMOSIKAN INVESTASI STARTUPS INDONESIA

Washington, DC, Amerika Serikat: 12/07/2020: Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, DC bekerja sama dengan kalangan profesional Indonesia di Amerika Serikat yang tergabung dalam Indonesian Professionals Association (IPA), telah melakukan promosi terkait potensi investasi dan startups Indonesia dengan menggelar acara Webinar pada tanggal 11 Juli 2020.
 
Acara ini bertajuk ‘Indonesian Startup Ecosystem Insight’ dengan menghadirkan dua pendiri Intudo Ventures, yakni Eddy Chan dan Patrick Yip.
 
Acara yang disiarkan melalui Facebook Live yang dimoderatori oleh Arcky Meraxa dan Harry Sugama dari IPA ini dihadiri oleh lebih dari 400 peserta yang berasal dari 16 negara, yang sangat antusias mendengarkan paparan dari kedua nara sumber mengenai prospek bisnis startups di Indonesia dewasa ini, termasuk pada masa pandemi Covid-19 dan proyeksinya ke depan. 
 
Dalam sambutannya, Kuasa Usaha Ad-Interim/Wakil Duta Besar RI untuk AS, Iwan Freddy Hari Susanto menjelaskan bahwa industri startups di Indonesia kini tumbuh sangat pesat dan menjadi salah satu kekuatan baru di Asia Tenggara.

“Hal ini tidak terlepas dari pertumbuhan e-commerce, industri teknologi tinggi dan inovasi yang mendapat dukungan penuh dan menjadi salah satu prioritas dari kebijakan Pemerintah Indonesia”, ujar Iwan Freddy.
 
Sementara itu, dalam paparannya, Eddy Chan dan Patrick Yip mengulas mengenai kondisi secara umum perkembangan startups dan venture capital di Indonesia.

Beberapa hal yang menjadi pertanyaan dari peserta, antara lain menyangkut tentang kapan saat yang terbaik untuk memulai startup mengingat Indonesia seperti negara lainnya, tengah menghadapi pandemi Covid-19 dan pertanyaan tentang iklim investasi di Indonesia untuk sektor teknologi informasi terutama e-commerce dan fintech.
 
Terkait dengan iklim investasi di Indonesia, Eddy Chan menyampaikan bahwa Presiden Joko Widodo dan instansi pemerintah terkait telah melakukan pekerjaan maupun langkah-langkah yang baik untuk memajukan Ease of Doing Business di Indonesia sehingga peringkatnya terus membaik dan lebih menarik bagi investor manca negara, termasuk dari Amerika Serikat untuk menanamkan modalnya di Indonesia.
 
IPA merupakan organisasi yang digawangi oleh ribuan kaum profesional dan eksekutif Indonesia yang bermukim di AS yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi bagi peningkatan kerja sama ekonomi, kualitas SDM, perdagangan, dan investasi Indonesia dan AS. Mereka umumnya berlatar belakang sebagai eksekutif muda yang bekerja di perusahaan-perusahaan Fortune 500 dan ternama lainnya di AS yang bergerak di berbagai bidang, mulai dari keuangan, teknologi, bisnis, kesehatan, pendidikan dan sebagainya. 
 
IPA kini sudah berkembang di berbagai kota besar di AS, mulai dari San Fransisco, New York, Boston, dan Washington, DC. Dalam waktu dekat, diharapkan jaringan IPA juga akan meluas ke kota-kota besar lainnya di AS, dimana banyak kaum diaspora profesional Indonesia tersebar di sana.
 
Selain bekerjasama dengan IPA, sebelumnya KBRI Washington, DC juga terus aktif melakukan rangkaian kegiatan promosi investasi Indonesia di AS, yang antara lain dengan menggandeng BKPM dan Indonesian Investment Promotion Center (IIPC) New York serta sejumlah asosiasi bisnis, seperti antara lain ASEAN-US Business Council, US Chamber of Commerce, Business Council on International Understanding (BCIU), Potomac Exchange dan konsultan maupun pengusaha AS yang berminat untuk berinvestasi di Indonesia.

 

—000—

KBRI Washington, D.C.
2020 Massachusetts Avenue NW
Washington, D.C. 20036
Phone: +1 (202) 775-5200, Email: socialmedia@embassyofindonesia.org