Featured News

TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN KETAT, UPACARA HUT KEMERDEKAAN RI KE-76 DI WASHINGTON, D.C. BERLANGSUNG KHIDMAT

SIARAN PERS

WASHINGTON, D.C., Amerika Serikat: 17 AGUSTUS 2021: Pelaksanaan Upacara Detik-detik Proklamasi yang diselenggarakan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Washington, DC dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI yang ke-76 pada tanggal 17 Agustus 2021 yang dipimpin oleh Iwan Freddy Hari Susanto, Kuasa Usaha Ad-Interim (KUAI)/Wakil Duta Besar RI untuk AS, berlangsung secara khidmat.

Cuaca mendung yang menyelimuti Ibu Kota Amerika Serikat saat Upacara berlangsung, justru semakin menambah antusiasme Warga Negara Indonesia dan diaspora untuk hadir karena memang menjadi momentum yang selalu mereka tunggu-tunggu setiap tahunnya. Terlebih lagi di tengah masa pandemi Covid-19. Sebagian bahkan memilih untuk mengambil cuti dari kantor agar dapat menghadiri Upacara.

“Sangat khidmat. Saya barusan sampai sujud syukur akhirnya bisa upacara 17-an lagi” tutur Anang Dwiantoro warga Maryland yang juga pegiat seni budaya.

Berbeda dengan Upacara tahun 2020 lalu yang hanya diikuti staf KBRI Washington, DC, tahun ini KBRI Washington, DC mengundang secara terbatas perwakilan kelompok masyarakat/diaspora Indonesia dari kawasan District of Maryland/DC, Maryland, dan Virginia (DMV) yang berjumlah sekitar 40 orang.

Upacara dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain melalui pemeriksaan suhu tubuh, seluruh petugas maupun peserta diwajibkan menunjukkan bukti vaksinasi penuh atau tes PCR negatif. Hal tersebut utamanya dilakukan guna mengantisipasi penyebaran varian Delta yang akhir-akhir ini meningkat.

“Penyelenggaraan upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke-76 di KBRI Washington, DC dan Konsulat Jenderal RI di AS dilakukan secara sederhana, minimalis, serta terbatas, namun tetap khidmat. Di Washington, D.C., Upacaranya hanya dihadiri oleh staf KBRI, Dharma Wanita Persatuan (DWP), petugas upacara serta perwakilan kelompok masyarakat/diaspora Indonesia di wilayah DMV“ ujar Iwan Freddy selaku Inspektur Upacara.

Bertindak sebagai Komandan Upacara adalah Letnan Kolonel Kal. Xanthoniar Taufan Wijaya, Perwira TNI Angkatan Udara KBRI Washington, D.C.

Layaknya tahun sebelumnya, Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tahun ini juga hanya berjumlah 3 orang, yang merupakan putra-putri diaspora Indonesia di AS yaitu Arifinal Shiddiq, Brian Mandoroputro, dan Sarah Noemi Garcia. Ketiganya merupakan pelajar yang duduk di bangku SMA (high school).

“Ini merupakan upacara ke-dua kami sebagai Paskibra di Wisma Indonesia. Kami sangat senang bisa kembali terpilih untuk mengibarkan bendera merah putih” ujar Brian yang duduk di kelas 3 SMA (Grade 12).

Para anggota Paskibra ini dilatih langsung oleh Tim Atase Pertahanan (Athan) KBRI Washington, D.C., di bawah pimpinan Marsekal Muda TNI Age Wiraksono, Atase Pertahanan RI di Washington, D.C..

Kelancaran pelaksanaan upacara itu pun tidak lepas dari peran pemandu acara (MC) yaitu Maria Imelda Coriyanti, mahasiswi Indonesia asal Flores yang tengah menimba ilmu di American University, Washington, D.C..

“Ini kali pertama saya memandu upacara bendera dalam rangka HUT RI. Saya sangat terharu, bahkan sempat menitikkan air mata pada saat latihan” ujar Cory yang juga merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) di Inspektorat Kabupaten Sikka, Provinsi NTT.

Upacara bendera tahun ini ditutup dengan penganugerahan Piagam Penghargaan di bidang Seni dan Budaya tahun 2021 kepada kelompok masyarakat/diaspora Indonesia di AS, khususnya yang bertempat di daerah District of Columbia, Maryland, dan Virginia (DMV).

Sejak tahun 2019, KBRI Washington DC menganugerahkan piagam penghargaan tersebut sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi atas dalam melestarikan dan mempromosikan seni budaya Indonesia, serta mengharumkan citra positif bangsa Indonesia di Amerika Serikat.

Atas hasil kerja, dedikasi, dan rasa cinta tanah air yang luar biasa di bidang seni dan budaya, penghargaan tahun 2021 diberikan kepada Paguyuban Tiyang Jawi, Rumpun Wargi Pasundan USA dan USA Pencak Silat Federation.

“Terima kasih atas penghargaan yang diberikan, selain bentuk apresiasi, ini akan kami jadikan cambuk untuk lebih keras lagi mempromosikan budaya serta citra baik Indonesia di AS” ucap Jaya Hasran, perwakilan Rumpun Wargi Pasundan USA yang menjabat sebagai Presiden.

Sementara itu, para WNI dan diaspora Indonesia lainnya yang juga mengikuti siaran langsung dari tempat masing-masing, menunjukkan antusiasme melalui Facebook KBRI Washington, D.C. “Dirgahayu NKRI ke-76, semoga tetap kuat, tumbuh, dan semangat” ujar Made Erna H. Suponder di kolom komentar.

Tidak hanya suasana suka cita yang dirayakan masyarakat/diaspora Indonesia di AS, Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken mewakili Pemerintah AS pun turut menyampaikan ucapan selamat HUT Kemerdekaan ke-76 RI kepada seluruh masyarakat Indonesia.

 

—000—

KBRI Washington, D.C.
2020 Massachusetts Avenue NW
Washington, D.C. 20036
Phone: +1 (202) 775-5200
Email: socialmedia@embassyofindonesia.org