Perpanjangan Paspor Diplomatik dan Dinas RI

Kepada segenap PNS/TNI/Polri pemegang paspor diplomatik/dinas RI yang sedang bertugas baik dalam rangka penempatan (posting/secondment), tugas belajar/kuliah, kursus/pelatihan singkat (short course), maupun mengikuti pendidikan kedinasan di Amerika Serikat, khususnya di wilayah D.C., Maryland dan Virginia, bersama ini dengan hormat diberitahukan beberapa ketentuan mengenai paspor diplomatik/dinas, sebagai berikut:

 

  1. Sesuai dengan peraturan International Civil Aviation Organization (ICAO), Chicago Convention Annex 9, standard 3.10.1 bahwa mulai tanggal 24 November 2015 seluruh paspor yang beredar harus sesuai dengan ketentuan ICAO, yaitu paspor Machine Readable Travel Documents (MRTD).

 

  1. Sebagai dampak pemberlakuan ketentuan ini, maka mulai tanggal 24 November 2015, paspor non-MRTD dan paspor desain lama dengan perpanjangan menggunakan stempel basah tidak akan diakui di semua tempat pemeriksaan imigrasi.

 

  1. Terkait dengan hal tersebut, maka bagi pemegang paspor diplomatik/dinas yang buku paspornya akan segera habis masa berlakunya dan akan kembali ke Indonesia/berpergian ke luar AS pada/setelah tanggal 24 November 2015, maka perlu dilakukan penggantian buku paspor dimaksud yang akan dilakukan di Direktorat Konsuler, Kemlu, melalui KBRI Washington, D.C.

 

  1. Dalam kaitan ini, bagi para pemegang paspor diplomatik/dinas desain lama termasuk keluarga yang mendampingi, dimohon agar kiranya dapat menyampaikan kepada KBRI persyaratan yang diperlukan dalam bentuk softcopy, sebagai berikut:
  • Mengisi formulir paspor diplomatik/dinas pada link berikut;
  • Scan paspor lama yang akan habis masa berlakunya;
  • Scan visa;
  • Pas foto terbaru ukuran 4×6 latar belakang putih dengan pakaian PSL Lengkap;
  • Scan SK Penugasan dari instansi masing-masing;
  • Scan Surat Setkab; serta
  • Scan surat keterangan dari lembaga yang bersangkutan di AS yang menjelaskan status pemohon

 

  1. Mengingat banyaknya permohonan penggantian paspor dinas tersebut, diperkirakan proses penggantian akan memakan waktu satu bulan sejak berkas yang lengkap dikirimkan. Sehubungan dengan itu, mohon kiranya berkas tersebut paling lambat disampaikan kepada KBRI sebelum tanggal 10 Juli 2015 melalui email infokonsuler@embassyofindonesia.org, dengan subject email: “Penggantian Paspor Diplomatik/Dinas an. [nama pemohon].”

 

Demikian pemberitahuan ini disampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terima kasih.

 

Rabu, 24 Juni 2015

Fungsi Protokol dan Konsuler

KBRI Washington, D.C.